Sistem Penilaian Proses Pembelajaran Sains
Dalam sebuah proses pembelajaran, penilaian merupakan bagian penting yang tak terpisahkan. Selain untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai pengetahuan, nilai-nilai, norma-norma dan keterampilan yang telah diberikan oleh guru, penilaian juga diperlukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran yang diterapkan guru sudah efektif. Dalam prosesnya, penilaian juga dijadikan tolak ukur keberhasilan dan prestasi siswa memahami pelajaran secara cermat. Penilaian hasil belajar ditekankan pada tingkat penguasaan tujuan pengajaran oleh siswa. Sedangkan penilaian proses pembelajaran ditekankan pada perbaikan dan pengoptimalan kegiatan belajar mengajar tersebut., diantaranya: efisiensi dan keefektifan pencapaian tujuan pembelajaran, keefektifan dan relevansi bahan pembelajaran, produktivitas kegiatan pembelajaran, keefektifan sumber dan sarana pembelajaran dankKeefektifan penilaian hasil dan proses pembelajaran.
Tujuan dan penilaian proses pembelajaran antara lain:
1. Mendeskripsikan
kemampuan belajar siswa
2. Mengetahui
tingkat keberhasilan proses pembelajaran
3. Menentukan
tindak lanjut hasil penilaian
4. Memberikan
pertanggungjawaban hasil belajar
Ruang
lingkup penilaian proses dan hasil belajar:
1. Sikap. Yaitu kebiasaan, motivasi,
minat, bakat. Meliputi bagaimana sikap peserta didik terhadap guru, mata
pelajaran, orang tua, suasana sekolah, lingkungan, metode, media dan penilaian.
2. Pengetahuan dan pemahaman. Peserta
didik sudah mengetahui dan memahami kewajibannya sebagai warga Negara, warga
masyarakat, warga sekolah, dan sebagainya.
3. Kecerdasan. Apakah
peserta didik pada taraf tertentu sudah dapat memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi dalam pelajaran.
4. Perkembangan jasmani. Apakah peserta
didik sudah berkembang secara harmonis dan membiasakan diri hidup sehat.
5. Keterampilan. Menjelaskan
apakah peserta didik sudah terampil membaca, menulis dan menghitung,
menggambar, olahraga dan sebagainya.
Komponen
penilaian proses pembelajaran setidaknya meliputi: tujuan pembelajaran, bahan
pengajaran, kondisi siswa dan kegiatan belajarnya, kondisi guru dan kegiatan
belajarnya, alat dan sumber belajar yang digunakan dan teknik serta cara pelaksanaan
penilaiannya. Kriteria yang digunakan dalam menilai proses pembelajaran antara
lain; konsistensi kegiatan pembelajaran dengan kurikulum, keterlaksanaan oleh
guru, keterlaksanaan oleh siswa, motivasi belajar siswa, keaktivan siswa,
interaksi guru dengan siswa, kemampuan serta keterampilan guru dan kualitas
hasil belajar siswa.
Keberhasilan
pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa,
tetapi juga dari prosesnya. Pada dasarnya, hasil belajar merupakan akibat dari
proses belajar. Artinya, keberhasilan siswa dalam belajar sangat tergantung
pada proses belajar mengajar yang dialami siswa dengan gurunya. Karena itu,
sebagaimana yang sudah berlangsung, perlu dilakukan penilaian terhadap proses
pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru perlu menyusun standar yang baik
dalam menentukan kriteria untuk penilaian hasil dan proses pembelajaran.
Berikut ini contoh penilaian proses pembelajaran dalam bentuk supervisi yang dilakukan di sebuah sekolah.
Berikut ini contoh penilaian proses pembelajaran dalam bentuk supervisi yang dilakukan di sebuah sekolah.
Dari artikel diatas, ada beberapa pertanyaan yang
menurut penulis perlu untuk didiskusikan:
1. Apa
saja yang perlu diperhatikan oleh seorang guru sains sebelum menyusun sebuah
penilaian proses pembelajaran?
2. Bagaimana
pelaksanaan penilaian proses dalam sebuah proses pembelajaran?
3. Dalam pembelajaran abad 21, benarkah penilaian
proses pembelajaran ini lebih penting daripada penilaian hasil belajar?
Terimakasih pak ulasannya, singkat padat dan jelas. Hampir semua pertanyaan sangat menarik untuk didiskusikan yang pertama mengenai apa saja yg perlu diperhatikan sebelum menyusun sebuah penilaian proses? Maka yg pertama perlu disusun adalah lijat materi dan tentukan tujuan indikator. Lalu yg terpenting buat instrumen yg sesuai dengan kegiatan pembelajaran.telitilah dalam pembuatan instrumen tersebut, jangan ada kegiatan proses yg terlewatkan agar hasil dari penilaian proses bisa maksimal. Mengenai pertanyaan terakhir menurut saya pribadi kedua penilaian sama penting. Penilaian prosea untuk mwlihat sikap dan penilaian hasil untuk melihat hasil belajar nya. Jika hanya melihat sikap dengan hasil belajar yg rendah maka pembelajaran tetap gagal terhadap aiswa tersebut begitupun sebaliknya. Terimakasih
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb
BalasHapusSaya mencoba menanggapi pertanyaan yang terakhir.
Dalam pembelajaran abad 21, benarkah penilaian proses pembelajaran ini lebih penting daripada penilaian hasil belajar?
Karena dengan proses guru bisa tau bagaimana cara dan strategi yang diterapkan dan apapun tujuan yang harus dicapai, pembelajaran akan berkembang dengan sendirinya. Siswa menjadi aktif untuk menemukan data dan informasi, mengamati, mencerna, mangasimilasi, menganalisis bahkan dapat menarik sebuah kesimpulan.
Karena dengan melakukan proses yang maksimal akan mendapat kan hasil yang baik.
Terima kasih
Dalam pembelajaran abad 21, benarkah penilaian proses pembelajaran ini lebih penting daripada penilaian hasil belajar?
BalasHapusPada dasarnya hampir semua komponen penilaian bersifat penting, namun kenapa penilaian proses lebih dipandang penting daripada penilaian hasil?, karena pembelajaran abad 21 lebih menekankan pada sikap dan keterampilan, sehingga penilaian proses lebih dianggap penting, namun kedua penilaian ini tidak dapat dipisahkan.
Dalam pembelajaran abad 21, benarkah penilaian proses pembelajaran ini lebih penting daripada penilaian hasil belajar?
BalasHapuskalau kita berbicara mana yang lebih penting tentu penilaian proses yang lebih penting itu karena penilaian proses merupakan penilaian awal dimana guru mengajar siswa dengan berbagai macam metode dan model pembelajaran sehingga guru tahu sikap dan keterampilan siswa dalam belajar dari kegiatan tersebut baru muncul penilaian hasil tapi alangkah baiknya jika penilaian proses dan penilaian hasil dikolaborasikan agar siswa mendapatkan nilai yang sempurna.
BalasHapusMenanggapi soal no 2.
Penilaian proses dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian proses merupakan penilaian yang menitikberatkan sasaran penilaian pada tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Penilaian proses belajar mengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar.
Dalam pembelajaran abad 21, benarkah penilaian proses pembelajaran ini lebih penting daripada penilaian hasil belajar, menanggapi pertanyaan ini, memang proses yang pertama namun juga tak menomorduakan hasil belajar. artnya kedua hal tak dapat dipisahkan , jika proses pembelajaran baik maka hasil belajar pun baik pula, jika proses sesuai dengan sintaknya maka diharapkan hasil belajar juag sesuai yang diharapkan...
BalasHapusAssalamualaikum wrwb
BalasHapussaya menanggapi pertanyaan no 3.
Menurut saya pada pembelajran abd 21 penilaian hasil dan penilaian proses penting karena mempunyai kedudukannya masing-masing. Penilaian proses lebih diprioritaskan & efektif karena pada proses pembelajaran banyak aspek yang dpat dinilai, dimulai dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Semua proses pembelajaran akan tercover pada penilaian proses.
Assalamualaikum saya akan menanggapi pertanyaan no.2
BalasHapusDi dalam melaksanakan penilaian, guru perlu mengikuti langkah-langkah penilaian proses serta hasil belajar dan pembelajaran. Di dalam penilaian proses guru mengumpulkan berbagai informasi yang dapat diolah, dianalisis, dan diinterpretasi untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut: a. Kemajuan yang dialami peserta didik dalam proses pencapaian kompetensi dasar b. Hambatan atau kesulitan yang dialami peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, c. Kelemahan dan kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung,
mencoba menanggapi pertanyaan nomor 2, Bagaimana pelaksanaan penilaian proses dalam sebuah proses pembelajaran?
BalasHapuspenilaian proses dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. penilaian proses merupakan penilaian yang menitikberatkan sasaran penilaian pada tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. penilaian proses belajar mengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar.
Penilaian proses dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian proses merupakan penilaian yang menitikberatkan sasaran penilaian pada tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Penilaian proses belajar mengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar.
BalasHapusSalam
Agung Laksono
terima kasih... menjawab soal nmor 1 Apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang guru sains sebelum menyusun sebuah penilaian proses pembelajaran?
BalasHapusmenurut saya 1. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar (KD) pada Kompetensi Inti (KI), yaitu KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4. 2. Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu penilaian yang membandingkan capaian peserta didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian seorang peserta didik, baik formatif maupun sumatif, tidak dibandingkan dengan hasil peserta didik lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan belajar minimal yang disebut juga dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM).
menanggapi pertanyaan nomor 3. knpa pentingnya penilaian proses krn hasil belajar yang baik itu berasal dari proses yang baik dan sesuai dengan sintaks2 model pembelajaran yang digunakan, jika proses telah terlakasana dengan baik maka pembelajaran yang dialami siswa akan menjadi lebih bermakna dam memberikan hasil akir yang sesuai dengan yag diharapkan guru dan standar ketuntasan
BalasHapusKeberhasilan pengajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa, tetapi juga dari segi prosesnya. Hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu proses belajar. Ini berarti hasil belajar siswa tergantung pula pada proses belajar siswa dan proses mengajar guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penilaian terhadap proses belajar-mengajar.
BalasHapusDalam pembelajaran abad 21, benarkah penilaian proses pembelajaran ini lebih penting daripada penilaian hasil belajar? menurut saya semua nya sama-sama penting karena asuatu hasil yang baik di dapat kan dari proses yang juga baik.
BalasHapus